Selasa, 26 Juli 2011

Biodata Guru Pembimbing

Nama : Drs. Oan Hasanuddin, MA.
NIP. : 196307152000031004
Pangkat/Golongan : Penata (III/C)
Jabatan : Guru SMA Negeri 8 Pekanbaru, Koordinator
Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Alamat : Jl. Delima, Gg. Delima XII Komplek Pesantren Umar
bin Khatab, Kelurahan Delima, Kec. Tampan,
HP. 081365712448, Pekanbaru.
Sejak bertugas di SMA Negeri 8 Pekanbaru mulai tahun ajaran 2000/2001 sampai sekarang, telah menunjukkan prestasi dan dedikasinya yang menonjol antara lain sebagai berikut:

1. Utusan guru Pelatihan ke Singapura untuk mengikuti Training in Instructional Tehniques (2003)

2. Guru perintis yang mengembangkan metode Team Teaching (2004 – sekarang)

3. Guru yang membuat Rencana Pembelajaran dan mengimplementasikannya dengan mengintegrasikan metode Tell-Show-Do dengan Imtaq (2003- sekarang)

4. Guru yang pertama kali menghasilkan media pembelajaran berbasis IT menggunakan website statis pada mata pelajaran biologi (2007). Media pembelajaran ini telah menjadi juara I pada Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Provinsi Riau Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2010.

5. Menjadi anggota tim Penatar Tingkat Nasional dalam “Orientasi Telekolaborasi e-dukasi.net” di Pustekkom Depdiknas Jkarta (2007).

6. Menjadi anggota tim Monitoring dan Evaluasi Telekolaborasi e-dukasi.net untuk SMA Negeri 2 Mataram NTB (16-31 Desember 2007).

7. Menjadi penatar pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk guru SMAN 8 Pekanbaru dan untuk guru-guru kota pekanbaru. (2008-2009)

8. Guru moderator utusan propinsi Riau dalam pembelajaran berbasis internet dengan metode telekolaborasi pada website pendidikan www.e-dukasi.net pustekkom depdiknas. Beberapa materi yang diasuh antara lain: (2007-sekarang)
1) Kebakaran hutan atau pembakaran hutan?
2) Siapa salah Internet atau “insannet”?
3) Tanda-tanda kiamat dalam tubuh manusia. 

9. Guru yang telah membuat sebuah buku integrasi antara ilmu biologi, kesehatan, metode akupunktur, dan fiqih Islam yang berjudul “Mukjizat Berwudhu”. Diterbitkan oleh penerbit Nasional, sudah cetakan ke-2 dan sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa Malaysia untuk diterbitkan di Malaysia. Kata pengantar buku oleh Prof. Dr. H. Tabrani Rab dan Prof. Dr. H. Helmi Karim, MA (2007-2009)

10. Guru yang telah menerbitkan enam edisi bulletin fiqih kesehatan Syifaaul Hisaab. (2008)

11. Berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan sebagai ketua yayasan Daarul-Hisaab yang bergerak pada unit kegiatan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA), pelatihan/kursus life skill kesehatan, konsultasi kesehatan gratis melalui radio Pekanbaru FM dan blog www.Syifapunktur.wordpress.com serta pengobatan akupunktur. (1990 – sekarang)

12. Guru koordinator perintis di bidang lingkungan hidup dengan beberapa prestasi cemerlang yang telah dihasilkan antara lain: (2007-sekarang)
1) Pembuatan areal Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).
2) Telah menghasilkan produk berupa kompos, hasta karya 3 R dan pembibitan tanaman.
3) Telah mengadakan berbagai macam lomba yang bertemakan lingkungan hidup sebagai proses caracter building serta mengadakan beberapa kali seminar dalam rangka hari-hari lingkungan hidup sedunia.
4) Pembuatan Laboratorium Alam pada 1,5 ha. lahan yang awalnya sebagai lahan Tempat Pembuangan Sampah di belakang SMAN 8 Pekanbaru. Telah diresmikan oleh bapak Walikota Pekanbaru (2008). Di dalamnya terdapat antara lain: areal tanaman obat, tempat pembibitan, nature class, kolam ikan, kambing, kebun botani, lahan sayuran dan sebagainya.
5) Juara II lomba lingkungan hidup tingkat Nasional (2008).
6) Berperan aktif mengantarkan sekolah calon adiwiyata 2009.
7) Mendapat penghargaan sekolah perintis school green dari Walhi.
8) Merintis adanya Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup SMA Negeri 8 Pekanbaru dengan pengembangan materi 5 R.
9) Menjadi sekolah tujuan studi banding dan rujukan dalam masalah lingkungan hidup dan Pendidikan Lingkungan Hidup dari beberapa sekolah/instansi di provinsi Riau dan provinsi lain.
10) Bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan LSM, antara lain dinas pertanian kota pekanbaru, dinas PU, PPLH regional Sumatra, dinas kehutanan propinsi riau, BLH kota Pekanbaru, BP DAS, Walhi, WWF, dan sebagainya.
11) Pencipta lagu Mars Pendidikan Lingkungan Hidup yang dijadikan salah satu lagu wajib di setiap upacara hari senin SMAN 8 Pekanbaru.
12) Telah dibuat materi Pendidikan Lingkungan Hidup berbasis website statis berkapasitas 78 GG. Sekarang sedang dirancang blog PLH (www.plh8.wordpress.com )
13) Persiapan Laboratorium Alam SMA Negeri 8 Pekanbaru sebagai Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Propinsi Riau yang akan diresmikan oleh Gubernur Propinsi Riau pada tahun ajaran 2009/2010.
13. Guru berprestasi peringkat I tingkat kota Pekanbaru tahun 2009.
14. Guru berprestasi peringkat I tingkat provinsi Riau tahun 2009.
15. Guru berprestasi Nasional tahun 2009
16. Peraih Intel Pentium Award tingkat Nasional katagori Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Imtaq tahun 2009.
17. Juara I Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Provinsi Riau Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional, Katagori Media Presentasi Pembelajaran Tahun 2010.
18. Juara Harapan I Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Provinsi Riau Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional, Katagori Karya Tulis Ilmiah Tahun 2010.


Demikianlah beberapa hal tentang salah satu Guru PLH kami di SMAN 8 Pekanbaru. Terima Kasih.
Sumber: http://giraffeandenvironmental.blogspot.com/

Tugas Lingkungan Hidup

Perokok di Indonesia

MEROKOK ?!

Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data BPS sekitar 238,4 juta penduduk. Ini berarti jumlah penduduk Indonesia naik 1,26% dari jumlah sebelumnya. Gila aja kalo jumlah penduduk Indonesia baru segitu? Gimana jumlah penduduk Cina dan Amerika yaaa? ><” Tapi jangan bangga dulu nihh .. soalnya, dari segitu banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, ternyata 150 juta penduduk Indonesia merupakan perokok! 150 juta cuyyyy!!! Gilaa, itu kalo dijadiin duit berapa keping uang 500an yak? 0.o Jangan bangga loh kalo Indonesia jadi peringkat tiga dunia sebagai perokok terbanyak di dunia. Ini bukan hal yang patut kita banggakan. Kalo Indonesia masuk peringkat ketiga sebagai negara terpintar di dunia sih gapapa. Tapi ini merokok! Peringkat tiga pulak ...             Hal ini didukung karena harga rokok di Indonesia tergolong murah. Kalo di Singapura harga sekotak rokok 80.000, di Indonesiba Cuma 10.000. pantesan banyak yang bisa beli rokok. Yang lebih mencengangkan lagi, ternyata Indonesia juga merupakan peringkat pertama sebagai negara yang perokok remajanya terbanyak di dunia!             Data dari dinas kesehatan menyebutkan sebanyak 45 juta jiwa anak-anak menjadi perokok pasif di rumah dan sebanyak 4.280 jiwa meninggal per tahun akibat rokok. Terus, yang merupakan perokok aktif meningkat 45%. Berapa noh jadinya?150 juta tambah 45% kali 150 juta. Dikit apa banyak? Banyak kan ?                 Belum lagi kenyataannya bahwa 65 ,6% laki-laki di Indonesia adalah perokok. Sementara jumlah remaja umur 15-19 tahun yang mengkonsumsi rokok mencapai 18,8% dan jika dibiarkan tanpa ada upaya keras untuk mengendalikannya bisa mencapai 25%. Helooooo, gak mikir ya dampak merokok?! Mau cepet mati gak gitu juga caranya kali.                 Gak Cuma cowok, cewek juga merokok. Di Indonesia sendiri, Data Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, menunjukkan 4 persen perokok berasal dari remaja perempuan. Remaja perempuan yang masih duduk di kursi sekolah menengah pertama merokok berjumlah 11,5 persen. Angka prevalensi perokok wanita di Indonesia mencapai 4,83 persen. Sementara, data prevalensi perokok Lembaga Demografi Universitas Indonesia 2008, menunjukkan delapan persen perokok dari total perokok di Jakarta adalah perempuan. Jumlah perokok perempuan mencapai 240 ribu dari tiga juta perokok aktif di Jakarta. Ini masih di Jakarta loh, belum di seluruh Indonesia.                 Makin susah aja nih buat para jomblowan dan jomblowati buat nyari pasangan yang antirokok ><” hhufftt .. mendingan dari sekarang berhenti merokok aja dehh .. rugi banget kalo udah ketergantungan sama rokok. Buat yang belum merokok, jangan pernah sekalipun pernah terpikirkan untuk nyoba rokok! Haram hukumnya!

                Gue bingung kenapa pada buanyak banget yang mau merokok. Padahal gak ada keren-kerennya gitu kalo merokok. Apa alasan para remaja sehingga mereka mau merokok?

Alasan 1: Dengan merokok saya terlihat macho/sexy

Tepatnya… pabrik rokok mengharapkan anda berpikir seperti itu. Mungkin awalnya memang iya, tapi tunggu saja… Merokok dapat menimbulkan kulit keriput dan gigi kuning. Merokok juga berkontribusi pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalau sudah begitu, tubuh tidak lagi tegap. Dan yang lebih penting, merokok dapat menyebabkan impotensi. Apa itu yang namanya macho/sexy?

Alasan 2: Berhenti merokok bisa membuat saya gemuk

Bertambanya berat badan banyak dialami orang yang mencoba berhenti merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan menghisap rokok kini berganti dengan makan. Namun dengan merencanakan diit gizi yang sehat dan meningkatkan aktivitas akan membantu kita memecahkan masalah ini. Bahkan, dengan olahraga, tidak hanya masalah berat badan saja yang dapat diatasi, namun stamina dan kapasitas paru yang hilang ketika merokok juga dapat dikembalikan.

Alasan 3: Saya akan berhenti ketika saya hamil

Mungkin akan lebih sulit untuk hamil bila anda merokok karena merokok adalah penyebab mayor dari infertilitas. Wanita yang merokok memiliki resiko keguguran dan komplikasi selama kehamilan yang meningkat.

Alasan 4: Merokok tidak melukai orang lain selain diri sendiri

Salah! Bila merokok di sekitar orang lain, anda telah menyakit mereka terutama yang memiliki asma, penyakit jantung, alergi atau anak-anak. Perokok pasif juga mempunyai resiko yang meningkat seperti pada perokok aktif.

Alasan 5: Saya masih muda, saya akan berhenti merokok beberapa tahun lagi

Hampir semua perokok aktif mulai merokok ketika masih muda. Dan kebanyakan dari mereka berharap dapat berhenti beberapa tahun kemudian. Namun kebanyakan masih merokok setelah lima tahun ke depan.

Alasan 6: Hanya satu rokok sehari kok

Merokok tidaklah aman sekalipun hanya 1 rokok dalam sehari. Setiap rokok mengandung sekitar 1 sampai 2 miligram nikotin yang dapat mencapai otak setelah 10 detik dihirup. Segera setelah tiupan pertama adrenalin akan sibuk meningkatkan tekanan darah, denyut jantung dan nafas anda.

Alasan 7: Rokok saya “light”, jadi ya ga masalah

Munurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, rokok “light” memiliki kandungan yang sama dengan rokok pada umumnya, termasuk lead, ammonia, benzene, DDT, gas butane, carbon monoxide, arsenic dan polonium 210.

Alasan 8: Kanker Payudara adalah kanker pembunuh nomor 1 pada wanita

Tet tot! Yang benar adalah kanker paru. Meningkatnya angka kematian akibat kanker paru berhubungan langsung dengan meningkatnya rate dari merokok. Merokok juga merupakan resiko mayor pada penyakit jantung, si pembunuh nomor satu.

Alasan 9: Merokok dapat memperbaiki mood

Beberapa orang percaya rokok dapat menambah semangat, namun itu dapat menurunkan moodmu. Jika anda sedang down atau depresi, rokok dapat menempatkan anda pada resiko yang lebih tinggi untuk depresi, hiperaktivitas, dan attention deficit disorder. Seperti pada penelitian terbaru disebutkan, remaja yang merokok memiliki resiko 4 kali yang lebih besar untuk mengalami depresi dari remaja yang tidak merokok.

Alasan 10: Mengunyah tembakau adalah aman karena tidak melalui inhalasi

Bukan hanya kanker paru yang dapat membunuh. Mereka yang mengunyah tembakau memiliki resiko untuk kanker pada rongga mulut, yang dapat mengenai lidah, bibir dan gusi. Seperti pada merokok, lebih cepat berhenti lebih besar kesempatan anda untuk meloloskan diri dari penyakit-penyakit tersebut.

                Lucu banget alasan merokok tuh orang. Hahaha.. masih banyak cara buat hidup baik daripada merokok cuyyyy. Masa rokok bisa buat macho dan sexy? Yang bener aja! Jangan bilang kalo merokok bisa buat makin pinter dan IQ kita naik! Ckckck ..

                Padahal sebenarnya pemerintah juga udah melarang rokok. Tapi tetep aja ada yang bandel ngelanggar peraturan. Ckckck .. mau tau akibat yang bakal kalian rasain kalo merokok? Buanyak nohh .. liat sendiri ..

1. Impotensi

Merokok akan mengurangi aliran darah yang diperlukan untuk mencapai suatu keadaan ereksi. Karena hal itu rokok dapat mempengaruhi days ereksi penis.

2. Wajah keriput

Merokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit dengan jalan menyempitkan pembuluh darah di sekitar wajah. Sehingga akan menyebabkan keriput.

3. Gigi berbercak dan nafas bau.

Partikel dari rokok sigaret dapat memberi bercak kuning hingga cokelat pada gigi dan ini juga akan memerangkap bakteri penghasil bau di mulut. Kelainan gusi dan gigi tanggal juga lebih sering terjadi pada perokok.

4. Anda dan di sekitar menjadi bau.

Rokok sigaret memiliki bau yang tidak menyenangkan dan menempel pada segala sesuatu, dari kulit dan rambut Anda sampai pakaian dan barang-barang di sekitar Anda. Dan bau ini sama sekali bukan hal yang membangkitkan selera pasangan maupun teman-teman.

5. Tulang rapuh

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara merokok dengan osteoporosis pada pria dan wanita. Sebuah penelitian mengamati kasus patah tulang pinggul pada wanita lansia, dan menyimpulkan bahwa satu dari 8 kasus patah tulang itu disebabkan oleh kehilangan massa tulang yang disebabkan oleh merokok.

6. Depresi

Sebagian ilmuwan menganggap rokok mengandung zat yang mampu menyebabkan peningkatan mood. Zat inilah yang biasanya kandungannya berkurang saat seseorang menderita depresi. Itulah juga penyebabnya mengapa orang yang sedang stres atau depresi cenderung mencari ‘pelarian’ ke rokok.

7. Panutan yang buruk bagi anak.

Setiap hari, dliperkirakan 3000 anak di AS yang menjadi ketagihan merokok sigaret. Bila mereka terus merokok, 1000 diantaranya bisa dipastikan akan meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok.

8. Kebakaran

Jika Anda ceroboh, saat merokok clan membuang puntung rokok yang masih menyala ke sembarang tempat dapat menyebabkan kebakaran.

9. Sirkulasi darah yang buruk

Sel darah merah telah dirancang dari sananya untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Pada perokok, molekul oksigen digantikan oleh komponen dari asap rokok, sehingga menghambat transportasi oksigen yang penting bagi kehidupan sel.

10. Terkesan bodoh

Jika perokok membela ketergantungannya, ada satu kebenaran yang tak mampu mereka pungkiri: Seperti kata slogan, rokok itu pembunuh. jadi, bila masih ada yang meneruskan kebiasaan itu, tentunya akan terlihat bodoh kan.

                Bisa dibilang merokok gak ada untung-untungnya. Selain merugikan kesehatan, merokok juga dilarang secara agama. Emangnya kalian mau nambah dosa lagi dengan merokok? Dosa kalian udah segunung gitu, masih juga mau buat dosa.

                Ini nih ada fatwa tentang hukum merokok. Dibaca yahhh J

FATWA TENTANG HUKUM MEROKOK ( I )

Merokok adalah perbuatan yang sudah sangat umum di kalangan masyarakat, termasuk kaum muslimin.

Di kalangan perpolitikan Islam pun tak kalah, seorang pimpinan partai Islam yang partainya masuk "6 besar" juga seakan-akan tak pernah lepas dari barang yang satu ini, ketika tampil di teve dalam acara partai-partai TPI sekalipun! Bahkan ada cerita ketika seorang tokoh dakwah Yogyakarta datang ke rumahnya, beliau menjumpai istrinya pun melakukan hal yang sama : merokok!

Nah, fenomena yang ada seringkali memberikan pengaruh bagi masyarakat/ummat dalam menilai sesuatu amalan, apalagi kalau yang melakukannya adalah para tokoh agama. "Itu Pak Kyai, Pak Haji, Pak Ustadz, Tuan Guru kan juga merokok, padahal dia kan pandai dalam agama!". Perilaku para tokoh agama seringkali menjadi justifikasi bagi masyarakat awam untuk melakukan hal yang sama.

Mengenai hal ini saya mencoba menukil beberapa pandangan dari para 'ulama tentang rokok, disertai dalil-dalilnya;

1.       Syaikh Muhammad bin Ibrahim Ali Syaikh, mufti negeri Saudi Arabia mengatakan; "Kami dari kalangan para ulama dan syaikh-syaikh kita yang dahulu, para ahli ilmu, para imam dakwah, ahli Nejed dulu sampai sekarang menghukumi bahwa rokok itu haram berdasarkan nash yang shahih dan akal yang waras, serta penelitian para dokter yang masyhur". Lalu beliau menyebutkan dalil-dalil dari A-Qur'an dan Hadits tentang keharaman rokok. Beliau juga menyebutkan keharaman rokok itu dari ulama yang mengikuti madzhab empat, kemudian beliau menambahkan: "Adapun dalil akal yang waras, hal itu dapat dibuktikan berulang kali dan diketahui secara umum, uji coba dan fakta-fakta yang menunjukkan bahwa para penghisap rokok pada umumnya kesehatan badannya terganggu, pendengaran, otak, bahkan sampai terjadi kematian, pingsan, sakit jantung dan batuk yang sulit disembuhkan seperti TBC, serangan jantung yang mengakibatkan mati mendadak, pengendapan peredaran darah dan lain daripada itu yang menyebabkan otak tidak sadar sehingga menuju kepada sesuatu yang haram.

2.       Al-Ustadz Muhammad Abdul Ghofar Al Hasyimi Al Afghani menjelaskan bahwa pengisap rokok itu terjangkit penyakit 99 macam, beliau menjelaskannya satu per satu dalam risalahnya yang berjudul Mashaibu ad Dukhan (Bahaya Merokok).

3.       DR. ABDULLAH NASHIH ULWAN memberi kesimpulan sebagai berikut berkait dengan hukum agama dalam masalah rokok ini:

a.       Sudah menjadi kesepakatan para fuqaha dan imam mujtahid, bahwa setiap penyebab bahaya yang dapat menjerumuskan ke dalam kehancuran, wajib dijauhi dan haram dikerjakan. Hadits Nabi; "Tidak boleh membahayakan(diri sendiri) dan tidak boleh membahayakan (orang lain)". Al-Baqarah: 195: "Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu dalam kebinasaan" An-Nisa; 29; "Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu". Karena bahaya merokok terhadap fisik dan kesehatan sudah terbukti, maka wajib dijauhi dan haram dikerjakan,

b.      Bagi yang berpikiran dan jiwa sehat, merokok termasuk masalah yang buruk, karena bahayanya terhdap jasmani dan menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. An-Nisa; 2; "….janganlah kamu menukar yang baik dengan yang buruk...." A'raf 157; "...dan mengkhalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengkharamkan bagi mereka semua yang buruk..."

c.       Merokok juga dapat melemahkan otak dan fisik. Rasulullah melarang segala hal yang melemahkan, seperti halnya larangan beliau terhadap segala hal yang memabukkan. Hadits Nabi; "Rasulullah melarang segala hal yang memabukkan dan membius"

Para fuqaha yang berpendapat bahwa hukum merokok itu adalah mubah atau makruh, beralasan, para dokter pada waktu itu belum berhasil menguakkan bahaya-bahayanya.Mereka bersandarkan pada sebuah kaidah: "Asal segala sesuatu itu adalah mubah(boleh)". Setelah para dokter menguakkan berbagai bahaya secara fisik dan psikologis kejiwaan dan setelah para ahli menjelaskan bahaya yang sangat besar bagi individu, maka tidak ada keraguan lagi mengenai haram dan mubahnya. Merokok dan pembiasaannya benar-benar dikharamkan dan merupakan perbuatan dosa.

Demikian sedikit keterangan yang dapat saya sampaikan berkenaan dengan haramnya rokok. Semoga bermanfaat . Setelah kita mengetahui dalil-dalil yang jelas dan tegas baik dari Al-Qur'an maupun Al-Hadits .

Tentunya tidak ada alasan lagi bagi kita untuk ragu-ragu mengenai hukum merokok tersebut dan segera meninggalkannya bagi yang masih mengerjakan. "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami, mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhan-Nya, sedang mereka tidak menyombongkan diri". (Qur'an Surah As-Sajdah ayat 15)

FATWA TENTANG HUKUM MEROKOK  ( II )

Rokok merupakan masalah baru yang tidak diperbincangkan oleh para ulamak klasik. Tembakau atau rokok mulai dikenal pada kurun ke 9 atau ke 10 hijrah. Ketika itulah baru bermunculan pendapat-pendapat dari kalangan para ulama’ mengenai hukumnya. Banyak risalah/kitab yang ditulis mengenainya.

Beberapa pendapat para ‘ulama  :

1.       Dr. Yusuf al-Qaradhawi lebih cenderung kepada hukum haram merokok..

2.       Para ulamak Hijaz juga cenderung kepada hukum haram merokok.

3.       Syeikh Mahmud Syaltut cenderung kepada hukum haram merokok.

4.       Syeikh Abu Sahal Muhamad bin al-Wa’izh al-Hanafi condong kepada hukum makruh.

5.       Syeikh Abdul Ghani al-Nabilisi mengatakan mubah

6.       Syeikh Athiyah Saqr condong kepada pendapat yang memperincikan hukum merokok.

Bagaimana? Kami tahu, bagi yang merokok, bila membaca pendapat pertama yang mengatakan haram merokok, jadi bengong dan sesak nafas. Bila, baca pendapat kedua yang mengatakan makruh saja hukumnya, ada rasa lega sedikit. Bila membaca pendapat ketiga yang mengatakan merokok ini mubah saja hukumnya, fuuiiihh! Lega sekali rasanya.… Dan akhirnya pendapat keempat yang memperincikan hukumnya, rasa lega itu susut sedikit. Bagi yang tidak merokok pun – Mereka tidak banyak persoalan. Haram hukumnya.

Bagi yang merokok, sekarang ini begini sajalah... Tidak masalah apapun hukumnya, haram atau makruh, kita semua sepakat bahwa merokok itu membahayakan kesehatan. Tak perlulah kami menyatakan laporan para dokter mengenai perkara ini. Semua telah maklum. Dan, dari sudut menghamburkan uang kepada sesuatu yang tidak berfaedah seperti rokok juga kita telah ketahui. Kemudian ditambah lagi dengan perusahaan/pabrik rokok, entah siapa di belakang mereka.. Tetapi yang pasti mereka adalah orang kafir yang banyak menawarkan perkara-perkara yang merusak umat Islam. Inipun semuanya sudah mengerti.

Jadi…. Bagaimana ya? Berhenti merokok? Ya, memang mudah disebut, tetapi sukar dilaksanakan…Betul bukan ?

Kami tahu para pembaca sekalian adalah orang-orang yang amat mencintai Islam. Bahkan pejuang Islam. Hatta kami di sinipun banyak kalah dari segi semangat, tekad dan kerja-kerja anda semua ke arah membumikan kembali al-Quran dan Sunnah di tanah air tercinta.

Dengan itu, kami percaya anda semua sudah bertekad untuk berhenti merokok. Bukanlah disebabkan oleh kesehatan tetapi atas alasan agama. Kecintaan kepada Islam. Ada yang telah berusaha berkali-kali untuk berhenti tetapi tidak berhasil. Ada juga yang berhasil, kemudian menghisap kembali. Ada yang terus bertekad, dan terus berusaha.

Teruskanlah usaha anda. Dan, bagi yang tidak merokokpun, janganlah mengejek, apalagi menghina saudara-saudara kita yang merokok. Adalah menjadi kewajiban kita untuk membantu, memberi dorongan dan sebagainya agar tekad dan usaha mereka berhasil.

Oh!! Betapa tersiksanya mau berhenti merokok… YANG PENTING USAHANYA, BUNG !!!

Rujukan

·         Al-Quran

·         Sahih Bukhari

·         Sahih Muslim

·         Fatawa Mu’ashirah – Dr. Yusuf Al-Qaradhawi

·         Ahsanul Kalam – Syeikh Athiyah Saqr

                Gimana? Masih mau merokok juga? Pasrah deh gue. Gak tau lagi mau bilang apa. Niat baik mau menyadarkan ehh, malah dicuekkin. Walaupun fatwanya copas ( copy paste ) dari internet, tapi kan aku punya niat baik buat menyadarkan kalian. Hehehe .. Yaa udah dehh .. urusan loe loe pade mau berhenti merokok atau enggak


Sumber: http://silvinaa-krikkrikkrik.blogspot.com/